Senin, 19 Desember 2011

Porseni, Ajang Kembangkan Potensi Siswa

Untuk mengembangkan potensi siswa, OSIS MA Walisongo Pecangaan, Jepara mengadakan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). Kegiatan Pasca Ulangan Semester Gasal dilaksanakan Selasa-Kamis (13-15/12) kemarin. 

Muhammad Arif Budiman, ketua panitia mengatakan Porseni tahun 2011 diisi dengan beragam lomba bidang kesenian, olahraga dan peningkatan intelektual. “Lomba tersebut meliputi Futsal (putra dan putri), Cerdas Cermat, Poster, Baca Puisi, Kaligrafi, Catur dan Reportase,” katanya.

Budiman menambahkan dari beberapa cabang yang dilombakan Futsal putri baru diadakan tahun 2011. “Lomba Futsal putri merupakan salah satu cabang yang baru diadakan tahun ini. Kami melihat bakat anak putri dalam bidang olahraga sangat baik sehingga kami mengembangkannya dalam perlombaan,” imbuhnya.

Drs Rohmadi, Kepala MA Walisongo mengungkapkan Porseni merupakan ajang untuk mengembangkan potensi siswa. “Porseni merupakan ajang untuk bersilaturrahmi antar kelas, sebagai pengokoh tali persaudaraan dan yang paling penting adalah dapat mengembangkan potensi siswa dalam bidang akademik maupun non akademik,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa untuk mengembangkan potensi dan bakat siswa tidak hanya dengan menggunakan proses pembelajaran yang ada di kelas saja namun kegiatan seperti Porseni juga dapat meningkatkan mutu siswa. “Proses belajar itu bisa didapatkan dimana saja mulai dari sekolah, keluarga, tempat bermain hingga lingkungan masyarakat. Kegiatan seperti Porseni ini kami anggap efektif untuk meningkatkan bakat siswa,” jelasnya.

Waka Kesiswaan, Mukhlisin, S.Pd, M.Sc menuturkan bakat siswa yang masih terpendam perlu digali. “Pada Porseni ini siswa diajak untuk mengeksplorasikan kemampuannya sehingga dari kegiatan ini kami berharap dapat mengetahui kompetensi peserta didik,” harapnya.

Setelah melalui penjurian pada setiap cabang lomba, diputuskan kelas XI IPA sebagai juara I dengan poin 9, disusul juara II XI IPS dengan 8 angka dan Juara III XA dengan 7 poin. Kelas XI IPA berhasil memperoleh Juara I Cerdas Cermat, Juara I Baca Puisi dan Juara I Lomba Kaligrafi. 

XI IPS mendapatkan Juara I Repotase, Juara I Catur serta Juara II Cerdas Cermat. Sedangkan XA Juara III Futsal putra, Juara II Poster, Juara II Reportase dan Juara II Catur. (Rif'ul Mazid Maulana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar