Selasa, 28 Februari 2012

Internet Menguntungkan Juga Membahayakan

Dewasa ini kita sudah tidak asing lagi dengan istilah internet. Hampir disemua tingkatan usia telah mengenalnya. Interconnected network (Internet) adalah sebuah jaringan komputer yang sangat besar yang menghubungkan antar jaringan diseluruh belahan dunia. Dengan internet kita tidak akan pernah marasa dibatasi oleh jarak, ruang dan waktu.

Perkembangan teknologi yang semakin menggeliat ini internet tidak hanya dapat diakses dengan jaringan komputer saja namun juga bisa melalui handphone yang mempunyai fasilitas internet. Internet semakin membuat kita merasa bahwa dunia telah ada digenggaman kita. Namun jangan salah selain memiliki dampak positif internet juga memilki dampak negatif yang juga luar biasa.

Internet menjadi sebuah kebutuhan untuk masa sekarang. Tanpa kehadiran internet tidak akan pernah merubah zaman yang begitu dahsyat seperti ini. Internet apabila kita gunakan dengan semestinya maka akan memberikan dampak yang positif.

Pertama, sebagai media pembelajaran serta sumber informasi yang sangat besar. Dengan menggunakan internet kita dapat mencari sumber-sumber ilmu pengetahuan. Misalnya tentang ilmu sosial, alam ataupun yang lainnya. Internet memiliki kapasitas perpustakaan yang sangat besar. Kita tidak hanya dapat mencari disatu sumber saja namun bisa dari berbagai sumber. situs yang paling banyak dikunjungi sebagai media pembelajaran adalah situs www.wikipedia.com. Karena pada situs ini memiliki kapasitas perpustakaan yang sangat besar.

Kedua, sebagai media komunikasi. Sudah barang tentu internet memiliki manfaat sebagai media komunikasi. Karena internet diciptakan pertama kali adalah sebagai media komuniaksi antar pasukan militer Amerika Serikat. Sekarang internet telah menjadi sarana komunikasi yang cepat dan mudah.

Cepat karena kita tidak memerlukan waktu yang cukup lama untuk berkomunikasi dengan orang lain misalnya chatting. Dengan menggunakan fasilitas ini kita dengan cepat mengirim pesan kepada orang lain dan beberapa menit atau bahkan detik kemudian pesan kita telah mendapatkan balasannya, real time. Mudah karena kita hanya tinggal duduk didepan komputer atau memegang handphone saja namun sudah dapat berhubungan dengan seseorang yang berada di seluruh belahan dunia.

Dampak
Internet bagaikan sebuah pisau tajam yang mempunyai dua sisi berlawanan selain memiliki manfaat yang besar internet juga memiliki dampak negatif. Dampak negatif itu diantaranya mengurangi waktu kita untuk belajar. Internet menyediakan berbagai fasilitas yang malah membuat kita untuk terhanyut didalamnya.

Misalnya media sosial seperti facebook, friendster dan twitter. Apabila kita terhubung dengan situs-situs tersebut maka akan banyak waktu kita yang terbuang percuma. Kita akan lebih asyik berkomunikasi dengan mereka daripada hanya sekedar belajar. Sehingga hal ini sangat merugikan bagi seorang pelajar. Selain itu masih banyak juga dampak negatif internet misalnya kasus pornografi, penipuan, pola hidup komsumtif dan masih banyak lagi.

Internet memang menjadi sebuah alat komunikasi yang efektif untuk masa sekarang. Sehingga perlu langkah bijak untuk menggunakannya. Apabila kita tidak dapat menggunakannya dengan baik maka kita pulalah yang akan menjadi korban dari kemajuan teknologi. Gunakanlah kemajuan tehnologi ini sebagai sarana untuk meningkatkan mutu diri kita. (Rif’ul Mazid Maulana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar